Sabtu, 22 Juli 2023

KEMENPORA Bersama BEM KM UNNES Adakan Talkshow Pelatihan Kader Inti Pemuda Anti Narkoba

 



Kementrian Pemuda dan Olahraga mengadakan pelatiahan Kader inti Pemuda Anti Narkoba yang dibantu oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Universitas Negri Semarang pada Jumat (21/07) di Aula FMIPA, Gunung Pati, Semarang.

Sesuai dengan Intruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN) yang membentuk Kader Inti Pemuda Anti Narkotika (KIPAN), KEMENPORA terus menggencarkan pembentukan KIPAN. Selain pembentukan di tingkat provinsi, KIPAN juga terus di gencarkan pada tingkat kabupateb/kota. Salah satu gencaran pembentukan KIPAN dilakukan di ranah mahasiswa yang di ikuti oleh kurang lebih 450 peserta. Keterbatasan penyediaan tempat oleh pihak panitia menjadi tantangan dalam penyelenggaraan.

“Saya cek tadi malam itu jumlah peserta sebenarnya tembus hampir 450, namun dengang kapasitas kami diruang ini yang hanya berkapsitas sekitar 270, jadi masih banyak yang belum bisa kami fasilitasi. Dan kami juga sudah sampaikan bahwasannya karena ini event kolaborasi kamisampaikan permohonan maaf atas belum bisanya terfasilitasi dari kurang lebih 190-an,” tanggap Risky selaku ketua panita Talkshow pelatihan Kader Inti Oemuda Anti Narkoba.

Lebih lanjut, selain acara ini adalah program dari KEMENPORA, dari pihak BEM KM UNNES juga memiliki visi yang linear sehingga terciptalah kolaborasi dalam penyelenggaraan ini. Adapun pihak yang berkolaborasi adalah BEM KM UNNES, Satuan Nasional (SATNAS) KIPAN, dan dari DEPUTI 1 KEMENPORA.

"Kami merasa dari BEM KM juga mempunyai visi juga untuk pemuda itu untuk generasi bangsa harus sehat jasmani dan rohaninya . Maka dari itu kami juga menawarkan kegiatan ini dengan tema pemuda anti narkoba. Untuk BEM KM itu berkolaborasi dengan SATNAS KIPAN dan juga DEPUTI 1 dari KEMENPORA,” tambahnya

Dalam puncak acaranya, Mentri Pemuda dan Olahraga (MENPORA), Ario Bimo Nandito Ariotedjo, hadir dan menyampaikan harapannya terhadap pembentukan KIPAN. Ario mengatakan sangat senang dapat menghadiri acara ini. Ario juga menekankan bahwa  organisasi KIPAN harus banyak kegiatan positif.

“Sangat senang bisa menghadiri acara program pemuda anti narkoba 2023, Organisasi KIPAN kedepannya harus banyak kegiatan positif”

Mentri Pemuda dan Olahraga, Ario Bimo Nandito Ariotedjo, yang tengah diwawancari seusai menghadiri acara tersebut.


Sementara itu, salah satu narasumber yang mengisi acara tersebut, Siti Moelyatni Bernadita, menjelalskan bahwa acara ini berdampak positif untuk pencegahan di kalangan pemuda. Ditambah dengan adanya pembentukan KIPAN, maka akan menjadikan pemuda sebagai ujung tombak untuk membantu pemerintah dalam peegahan peredaran narkoba, terutama di kalangan pemuda dalam hal ini adalah kalangan mahasiswa.

“Kegiatan ini positif, jadi pelatihan untuk mencegah untyk pencegahan narkoba dikalangan pemuda. apalagi terbentuknya kipan ini otomatis pemuda nanti menjadi ujung tombak membantu pemerintah dalam pencegahan atau peredaran narkoba terutama di kalangan pemuda, atau istilahnya di mahasiswa,” ujar Siti, salah satu narasumber yang merupakan Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (DISPORAPAR) Jawa Tengah.

Terkait dengan dampak postif dari acara ini, salah satu peserta mengaku bahwa memang acara ini memberikan manfaat.

“Bermanfaat banget. Karena jarang ada seminar. Apalagi kan narkoba sifatnya sensitif ya. Jadinya kan bagus ada yang mengadakan seperti ini”

Sementara itu, acara ini diharapkan tidak berhenti sebagai pelatihan saja. Risky menuturkan follow up dari acara ini adalah dibentuknya kelembagaan KIPAN pada sektor kabupaten/kota.

“Kemungkinan kami akan mem folow up, karena dari satns KIPAN itu berupaya dan dibantu dari DEPUTI 1 itu berupaya untuk memberikan penyuluhan atau pembentukan perumusan kelembagaan yang ada di sektor kabupaten/kota.” Tutupnya

Penulis : Fahry Setiawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sudah Ada Sejak Zaman Belanda, Sendang Stoom Tidak Pernah Mengalami Kekeringan

Dua anak laki-laki yang sedang meminum air dari mata air yang ada di Sendang Stoom secara langsung. (SM/Safinatur Riska)   SEMARANG - Sendan...