Minggu, 24 September 2023

Sudah Ada Sejak Zaman Belanda, Sendang Stoom Tidak Pernah Mengalami Kekeringan

Dua anak laki-laki yang sedang meminum air dari mata air yang ada di Sendang Stoom secara langsung. (SM/Safinatur Riska)

 


SEMARANG - Sendang Stoom yang terletak di Deaa Wonotingal, Kecamatan Candisari, Kota Semarang, sudah ada sejak Zaman Belanda bahkan sebelum tahun 1967, Sabtu, (5/8).

"Sendang ini sudah ada sejak Zaman Belanda. Saya lahir tahun 1967 saja sendang ini sudah ada," tutur Ratno selaku warga yang tinggal disekitar Sendang Stoom.

Sendang Stoom sendiri memiliki tiga mata air dalam satu kawasan, yaitu dua mata air untuk perempuan yang terletak di bawah dan satu mata air untuk laki-laki terletak di bawah.

Sepanjang musim kemarau pada saat ini, kondisi mata air Sendang Stoom tidak pernah mengiringi atau habis.

Selain itu, keadaan Sendang Stoom masih terlihat alami, dibuktikan dengan banyaknya bebatuan yang mengelilingi sendang. Serta terdapat satu batu besar yang berada di dekat pintu masuk Sendang Stoom untuk perempuan.

Lebih lanjutnya, ada pagar besi pembatas yang sengaja di pasang oleh warga mengingat letak sendang yang berada di pinggir jalan, untuk mencegah agar warga melintas tidak jatuh, karena kondisi jalan yang cukup menanjak.

Ratno selaku warga setempat menuturkan, manfaat Sendang Stoom untuk saat ini, yaitu untuk menyembuhkan penyakit, untuk mandi, untuk mencuci, dan minum. Bahkan, saat malam satu suro Sendang Stoom biasa digunakan untuk nyepi atau bermeditasi.

Saat ini, pengunjung Sendang Stoom tidak seramai dulu, sekarang bisa dibilang sepi, karena setiap rumah warga sudah memiliki sumur sendiri.

Ratno selaku warga setempat dan juga sebagai juru parkir Sendang Stoom. (SM/Safinatur Riska)



"Dulu ramai sekarang sudah sepi, karenakan setiap rumah warga sudah ada sumurnya," Jelas Ratno.

Kebanyakan pengunjung Sendang Stoom terdiri dari masyarakat luar dari berbagai daerah.

Sendang Stoom sendiri sudah mengalami perbaikan beberapa kali, dengan ditambah adanya pedagang bakso yang ada di sekitar sendang.

Dulu disekitar Sendang Stoom terdapat pohon beringin namun, pohon tersebut sudah lama roboh. Sekarang hanya ada pohon sukun dam tumbuhan-tumbuhan lain yang cukup lebat. ***





Penulis :  Safinatur Riska 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sudah Ada Sejak Zaman Belanda, Sendang Stoom Tidak Pernah Mengalami Kekeringan

Dua anak laki-laki yang sedang meminum air dari mata air yang ada di Sendang Stoom secara langsung. (SM/Safinatur Riska)   SEMARANG - Sendan...