Kamis, 20 Juli 2023

Cegah Stunting di Jawa Tengah, LPPM UNDIP Adakan Launching Buku Pedoman Strategi dan Komunikasi Perubahan Perilaku dan Sosial.

 

Kamis, (20/07) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Diponegoro (LPPM UNDIP) melaunching Buku Pedoman Strategi dan Komunikasi Perubahan Perilaku dan Sosial untuk Pencegahan Stunting di Jawa Tengah yang dilaksanakan di Hotel Aston, Semarang.

Stunting adalah salah satu permasalahn yang terus di gencarkan untuk diminimalilsirkan. Pembuatan Buku pedoman Strategi Komunikasi ini selain untuk penceganan stunting dilatabelakangi karena belum terbentuknya strategi dan komunikasi pencegahan stunting di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Hal ini kemudian pemerintah menekankan agar Strategi dan Komunikasi di tingkat provinsi Jawa Tengah agar segera dibentuk.

"Disitu ada lima pilar dalam stunting nah pilar yang pertama itu adanya komunikasi dan disitu kita diminta untuk ada suatu gerakan untuk mengkomunikasikan terus untuk penyuluhan di masyarakat. Nah ini kita belUm punya strateginya. Nah kabupaten-kabupaten itu sudah punya strategi komunikasi (StraKom) tapi malah provinsi belum punya. Sehingga kita diminta pemerintah untuk mendampingi provinsi jawa tengah membuat starkom Bersama-sama dengan temen-teman UPD," Ujar Nuryanto, selaku Ketua Koordinator Gizi dan Kerjasama UNICEF.

Nuryanto, Ketua Koordinator Gizi dan Kerjasama UNICEF.

Terkait dengan proses pembuatan Buku Pedoman Strategi dan Komunikasi Perubahan Perilaku dan Sosial untuk Pencegahan Stunting di Jawa Tengah, memerlukan waktu hingga satu tahun lebih. Selain itu, diperlukan tahapan-tahapan yang panjang serta kerjasama dari beberapa pihak seperti PKK, BKKBN, P3KP,  DINKES, dan KOMINFO,” tambahnya

“Jadi mulai dari maret tahun 2022 itu kita sudah mulai ada proses. Karena harus melewati beberapa tahap kan ada tim. Untuk yang terlibat seperti dari PKK, BKKBN, P3KP,  DINKES, dan KOMINFO.”

Krisnawati, Salah satu peserta acara ini dari PPK yang merupakan Purnawan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah dan termasuk sebagai tim penyusun Strategi dan Komunikasi, menanggapi bahwa kolaborasi dari beberapa instansi sangat diperlukan agar bisa memaksimalkan perannya masing-masing.

“Jadi pada prinsipnya dalam penyusunan ini adalah siapa melakukan apa kemudian kita kolaborasi menjadikan sebuah tumpu yang meamang bisa  dipedomani kaitannya dengan penanganan atau penurunan angka stunting gizi makanan. Jadi didalam StraKom ini kan ada beberapa instansi ataupun lembagaan yang ikut mnyusun sehingga kami meamng berusaha untuk bisa mamaksimalkan peran kita masing masing”

Krisnawati Purnawan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah

Pada akhir acara launching Buku Pedoman Strategi dan Komunikasi Perubahan Perilaku dan Sosial untuk Pencegahan Stunting di Jawa Tengah, terdapat tindak lanjut dari acara ini. Tindak lanjut dari acara ini adalah: pertama, pada tahun 2023 menargetkan 9 kabupaten/kota di Jawa Tengah memiliki StraKom (Straegi dan Komunikasi) Pencegahan Stunting; kemudian mereview pelaksanaan StraKom dan nengevaluasi pelaksanaan StraKom.

Nuryanto berharap agar buku ini dapat menjadi pedoman untuk pembuatan StraKom tingkat masin-masing kabupaten/kota. Selain itu, belaiu berharap agar buku ini dapat diterapkan dilapangan sehingga dapat menjadi kegiatan konseling yang pada akhirnya bisa meningkatkan pengetahuan, sikap dan praktek masyarakat sehingga stunting dapat menurun.

Reporter : Fahry dan Fauzan

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sudah Ada Sejak Zaman Belanda, Sendang Stoom Tidak Pernah Mengalami Kekeringan

Dua anak laki-laki yang sedang meminum air dari mata air yang ada di Sendang Stoom secara langsung. (SM/Safinatur Riska)   SEMARANG - Sendan...