Kamis, 10 Agustus 2023

Menilik Sendang Keramat Kalimah Toyyibah yang Airnya Dipercaya Berkhasiat

 

Seorang pengunjung yang tengah berdoa sebelum memasuki sendang kalimah toyyibah agar mendapatkan khasiat dan berkah airnya. (SM/Fahry)

SEMARANG – Sendang Kalimah Toyyibah teletak di Desa Nyatnyono, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Warga dan para peziarah ramai mengunjungi Sendang Kalimah Toyibah karena konon arinya memiliki sejumlah khasiat, Rabu (9/7).

Sendang ini mulai dimanfaatkan dan dikelola  sejak tahun 1986 ketika seorang tokoh Waliyullah, Mbah Hasan Munadi menemukan khasiat airnya.  Sebelumnya, air di sendang ini digunakan para warga untuk keperluan sehari-hari.

Sendang Kalimah Toyyibah tidak diperbolehkan untuk menyalurkan airny ke warga skitar. Warga yang memerlukan sendang ini harus datang langsung dan membawa wadah untuk mengambil airnya.

Adapun dana yang untuk pembangunan digunakan berasal dari hasil kotak amal jariyah warga. Dengan meningkatnya pengunjung, dana yang dihasilkan dari amal jariyah tersebut digunakan untuk perenovasian fasilitas.

“Terakhir perenovasian sudah cukup lama. Terakhit kami merenovasi bagian atapnya tentunya dari dana kotak amal jariyah,” ujar salah satu Perawat Sendang Kalimah Toyyibah, Ahmaji.

Seorang perawat Sendang Kalimah Toyyibah, Ahmaji yang tengah diwawancari. (SM/Fauzan)

Sementara itu kondisi airnya di sendang ini memiliki suhu yang dingin dan sangat bersih. Tak sedikit warga dan pengunjung mengambil langsung air menggunakan wadah yang kemudian dapat langsung diminum.

Walaupun di musim kemarau, air yang dihasilkan di sendadng ini tetap mengalir. Namun Ahmaji menjelaskan jika di musim kemarau hanyal volumenya saja yang sedikit berubah.

“Jika kemarau pasti mengecil. Saya rasa itu lumrah, tapi airnya masih lancar mengalir,” tambahnya.

Untuk bentuk sendangnya yaitu di dalam ruangan dengan setiap sisi dibuat aliran air. Antara laki-laki dengan perempuan berbeda ruangan. Kemudian di pintu sebelum memasuki sendang, kita dapat membaca doa agar dapat mengambil khasiat dari air Sendang Kalimah Toyyibah.

Sendang Kalimah Toyyibah dari dalam ruangan laki-laki. (SM/Fauzan)

“Ada cara-caranya agar kita bisa mengambil barokahnya dari air sendang ini. Bisa kita lihat di papan sebelum memasuki sendang,” jelasnya.

Namu nada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memasuki sendang. Secara umum, kita dilarang untuk mandi telanjang dan membuang air kecil maupun besar. Selain itu khusus untuk perempuan dilarang mandi ketika menstruasi.

Terkait dengan khasiat air sendang ini, konon airnya dipercaya memberikan karomah atau khasiat khusus. Mulai dari rezeki, kesehatan, maupun ketenangan batin.

“Khasiat airnya itu sesuai dengan niat kita masing-masing. Kalau sakit kemudian berniat untuk mencari karomahnya air ini, insyaallah sakitnya akan di angkat,” ucapnya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sudah Ada Sejak Zaman Belanda, Sendang Stoom Tidak Pernah Mengalami Kekeringan

Dua anak laki-laki yang sedang meminum air dari mata air yang ada di Sendang Stoom secara langsung. (SM/Safinatur Riska)   SEMARANG - Sendan...