Senin, 24 Juli 2023

Telur Gulung: Nostalgia Jajanan SD Yang Masih Hits Festival Kulianer Kamuman


Stan penjual telur gulung di Fesital Kuliner Kauman (SM/Safinatur Riska)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Tak lengkap rasanya jika jalan-jalan ke Semarang, akan tetapi tidak mampir ke Festival Kuliner Kauman Semarang. Bertempatkan di Alon-alon Kota Semarang, tepatnya di depan Masjid Agung Kauman. Sabtu (22/07).


Kamu dapat menemukan berbagai macam stan makanan dan minuman yang di jajakan sepanjang jalan Alon-Alon Kota Semarang, dari makanan tradisional hingga makanan modern dapat kita temukan. Salah satunya telur gulung. Jajanan SD yang masih eksis sampai sekarang. Yang buka setiap weekend (jumat-minggu) jam 16.00-22.00 WIB.

Telur gulung sempat vital pada awal 2017 hingga sekarang membuat anak-anak, remaja, hingga orang dewasa penasaran untuk mencicipinya. Jajanan ini mudah ditemukan, jika ingin membeli tidak perlu pusing-pusing untuk mencarinya, jika penasaran dengan rasanya bisa datang ke Festival Kuliner Kauman atau bisa di jumpai di depan sekolah SD.

Kepopuleran telur gulung di era sekarang, tak terlepas dari anak-anak 1990-an yang kangen dengan jajanan masa kecilnya. Tak heran jika sekarang penjual telur gulung hadir dengan berbagai macam varian. Telur gulung sendiri merupakan jajanan tradisional yang kaya akan vitamin dan cukup menyehatkan untuk di konsumsi. Karena di dalam satu butir telur terdapat protein, kalsium, dan asam amino esensial yang bermanfaat untuk kesehatan. Selain itu, pada kuning telur terdapat vitamin A, D, dan E serta kalori dan kolin yang penting bagi tubuh manusia.


Pada era 1990-an telur gulung belum banyak variannya, namun seiring berjalannya waktu banyak varian telur gulung muncul berkat inovasi dan kreasi dari beberapa penjual. Seperti telur gulung original, telur gulung bihun, telur gulung sosis, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan kisaran harga sesuai kantong pelajar dari Rp. 1000 hingga Rp. 2000, bahkan ada yang menjual satu porsinya Rp. 15.000 berisikan sepuluh biji telur gulung.

Para pecinta olahan telur, cocok sekali untuk di coba, seperti yang dikatakan oleh lintang saat membeli telur gulung, bahwa ia sangat gemar jajan telur gulung karena rasanya yang enak, praktis dan murah.

"Karena enak, tapi itu tergantung sama penjualnya gimana dia mengolah telurnya, praktis juga, dan mudah di temui, juga harganya yang murah," ujar lintang

Sementara itu, aziz selaku pedagang telur gulung mengaku sudah satu tahun berjualan telur gulung di Alon-alon Kota Semarang ini. Mereka merasa terbantu dengan adanya Festival Kuliner kauman. Tapi dengan adanya renovasi membuat penghasilan mereka menurun.


Aziz, penjual telur gulung (SM/Safinatur Riska)


"Sudah jualan kurang lebih satu tahun. Mampu meningkatkan UMKM dan bermanfaat sekali untuk menambah ekonomi buat kita. tapi karena ada renovasi selama disini turun, tapi kalau di depan bisa lebih, tempat juga mempengaruhi," Jelas Aziz selaku penjual telur gulung.

Tak hanya makanan dan minuman yang dapat pengunjung nikmati di Festival Kuliner Kauman. Pengunjung juga dapat melihat live band, dan suasana malam di Alon-alon Kota Semarang.***


Penulis : Safinatur Riska 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sudah Ada Sejak Zaman Belanda, Sendang Stoom Tidak Pernah Mengalami Kekeringan

Dua anak laki-laki yang sedang meminum air dari mata air yang ada di Sendang Stoom secara langsung. (SM/Safinatur Riska)   SEMARANG - Sendan...