Jumat, 28 Juli 2023

Normalisasi Banjirkanal Timur Berpotensi jadi Destinasi wisata

Proses pembuatan tanggul dan pelebaran Banjirkanal Timur menggunakan alat eskavator (Sm/Safinatur Riska)



SEMARANG - Sungai Banjirkanal Timur untuk saat ini sedang dalam masa pembuatan tanggul dan pelebaran. Proses normalisasi yang sudah berjalan selama 4 tahun hingga sekarang. Kamis, (27/7).

Sama halnya dengan Banjirkanal Barat, Banjirkanal Timur akan dijadikan tempat wisata. Namun, proses pembangunannya masih lama. Di tandai dengan adanya 3 alat eskavator yang masih beroperasi di Sungai Banjirkanal Timur.

"Prosesnya masih lama, kalau saat ini masih proses pembersihan dan pelebaran buat irigasi saja," ujar Alex (28), selaku petugas kebersihan Sungai Banjirkanal Timur.

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan Banjirkanal Timur memiliki panjang 7,4 KM dari Jembatan Banjirkanal Timur hingga Tanggul Banjirkanal Timur, 97 pertokoan, 7 perusahaan, 7 sekolah, 4 kantor, 30 bengkel, dan 59 kuliner serta 61 home industry.

Data tersebut menunjukan bahwa daerah tersebut potensi perekonomian warganya sangat tinggi. Sehingga jika Sungai Banjirkanal Timur dijadikan tempat Wisata sangat membantu perekonomian warga setempat.

Sama halnya dengan Banjirkanal Barat, Banjirkanal Timur juga banyak di kunjungi warga setempat untuk nongkrong, dan berolahraga.

"Setiap sore buat olahraga dari jam 15.00 - 17.00 Wib. Ibu-ibu senam, anak-anak main bola, layangan. Malamnya ramai orang nongkrong," tutur Solikhin (52).

Adanya kondisi tersebut, warga berharap Sungai Banjirkanal Timur selain berfungsi  sebagai pengendali banjir, juga dapat dijadikan destinasi wisata. Sehingga  warga bisa ikut dampak positif dari adanya pembangunan tersebut.

"Harapannya supaya bisa jadi tempat wisata, sehingga kami para pekerja kebersihan bisa tetap bekerja," imbuhnya.***


Penulis : Safinatur Riska 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sudah Ada Sejak Zaman Belanda, Sendang Stoom Tidak Pernah Mengalami Kekeringan

Dua anak laki-laki yang sedang meminum air dari mata air yang ada di Sendang Stoom secara langsung. (SM/Safinatur Riska)   SEMARANG - Sendan...