Senin, 24 Juli 2023

Jadi Tuan Rumah Penyelenggaraan Hari Anak Nasional 2023, Inilah Tanggapan Walikota Semarang

 



Hari Anak Nasional (HAN) yang diperingati setiap tanggal 23 Juli pada tahun 2023 di selenggarakan di Simpang Lima, Kota Semarang pada Minggu (23/07) dengan mengusung tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju.”

Penyelenggaraan HAN 2023 dimulai dari serangkaain acara. Rangkaian acara HAN 2023 diantaaranya adalah; Pengukuhan dan Sertijab pengurus Forum Anak periode 2023-2025 yang digelar di Taman Budaya Raden Saleh: Dilanjutkan dengan Penganugerahan Kota Layak Anak oleh Kementerian PPPA di Hotel Padma; Kemudia puncak peringatan Hari Anak Nasional yang diselenggarakan di Simpang Lima dan dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Dalam Prosesi Puncak HAN 2023 dihadiri oleh 2.500 anak undangan dari berbagai daerah. Adapun pada puncak peringatan HAN 2023 terdapat beberapa rrangkaian acara, seperti: Paduan Suaran, Drumband, Flashmob, dan terdadpat pameran karya-karya anak.

“kalau yang ada di sini kegiatan ada sekitar    2.500, tadi semuanya kan anak-anak yah dimulai paduan suara, drumband, kemudian tadi tari Flasmop p5 kemudian juga tadi drama dratikal tadi yang menyuarakan hak-hak anak, kemudian juga ada pameran-pameran,” ujar Hevearita Gunaryanti Rahayu, Wali Kota Semarang.


Wawancara dengan Hevearita Gunaryanti Rahayu, Wali Kota Semarang.

Khanza, Salah satu peserta HAN 2023 yang mendatkan sepeda gratis dalam ajang kostum adat terbagus, mengaku sangat senang dapat mengikuti acara ini. Selain itu dia juga dapat mengenal teman-teman baru dalam acara ini.

“Awalnya ragu-ragu tapi akhirnya senang. Acaranya seru banget  dan banyak teman-teman baru,” tanggap Khanza, peserta HAN 2023 yang merupakan pelajar kelas 6 SD.


Khanza, pelajar kelas 6 SD, peserta HAN 2023 yang menang dalam kontes kostum adat dan mendapatkan sebuah sepeda.

Terkait dengan penyelenggaraan HAN 2023 di Simpang Lima, Hevearita menuturkan bahwa memerlukan persiapan berbulan-bula agar dapat terselenggarakan secara maksimal. Hal ini pun terbukti dengan reaksi positif dari Ma’ruf dan anak-anak yang mengikuti acara tersebut.

“Dengan persiapan yang berbulan-bulan alhamdulillah hari ini bisa sukses semua, tadi bapak wakil presiden beserta istrinya bisa hadir di acara kegiatan ini dan beliau juga sangat senang melihatnya. Nah tadi kita lihat anak-anak senang kemudian juga dari sini ramai sekali dan banyak yang tidak meninggalkan tempat, ini artinya adalah anak-anak riang gembira ada di kegiatan-kegiatan ini,” jelasnya

 Lebih lanjut, pemilihna Simpang Lima sebagai lokasi puncak perayaan HAN 2023 karena sudah melalui koordinasi antara Pemerintah Kota (PEMKOT) Semarang dengan Kementrian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (KEMENPPA). Dalam penyeleggaraan HAN 2023 di Kota Semarang, Hevearita bergarap agar anak-anak pada tahun 2030 mnejadi anak-anak yang layak, sehingga pada tahun 2045 anakanak ini menjadi generasi emas Indonesia.

“Ini adalah salah satu bagaimana menguatkan karakter anak-anak agar anak-anak ditahun 2030 nanti kan anak-anak layak dan di 2045 generasi mas Indonesia,”tutupnya

Penluis: Fahry Setiawan

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sudah Ada Sejak Zaman Belanda, Sendang Stoom Tidak Pernah Mengalami Kekeringan

Dua anak laki-laki yang sedang meminum air dari mata air yang ada di Sendang Stoom secara langsung. (SM/Safinatur Riska)   SEMARANG - Sendan...